Oleh : Tri Susanto & Achmad H. Sutawidjaya
(Publikasi pada : Proceeding Seminar Nasional
Akuntansi - Bisnis (SNAB) 2012, 27 Maret 2012, ISSN : 2252-3936)
ABSTRAK
Latar
belakang dari penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh kualitas
pelayanan terhadap kepuasan konsumen yang diukur dengan menggunakan
pendekatan Gronroos (1988) yang menjelaskan mengenai dua dimensi.
Dimensi tersebut diantaranya adalah dimensi teknikal (kualitas teknikal)
dan dimensi fungsional (kualitas fungsional). Pada dimensi teknikal
(kualitas teknikal) penilaian kualitas pelayanan tersebut didasari pada
pelayanan apa yang telah didapatkan oleh konsumen sedangkan pada dimensi
fungsional (kualitas fungsional) penilaian kualitas pelayanan didasari
pada proses pelayanan atau pada bagaimana layanan tersebut dilakukan dan
disampaikan kepada pelanggan. Penelitian ini menjadikan Strabucks
sebagai kajian yang diteliti.
Sampel
yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 130 orang yang merupakan
konsumen Starbucks Rest Area Km.19. Dari hasil penelitian dengan
menggunakan regresi linear berganda, didapatkan bahwa kualitias teknikal
dan kualitas fungsional berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan. Namun,
pengaruh yang diberikan oleh kualitas teknikal tidak begitu dominan
dibandingkan pada pengaruh yang diberikan oleh kualitas fungsional.
Kata Kunci: Kepuasan Pelanggan, Kualitas Teknikal, Kualitas Fungsional
Pendahuluan
Perusahaan
besar maupun perusahaan kecil dituntut untuk senantiasa menjaga
kualitas pelayanan terhadap produk atau jasa yang mereka tawarkan pada
konsumen, agar mereka dapat bersaing dengan perusahaan lain secara
sehat. Demikian usaha coffee shop sebagai salah satu usaha retail,
dimana persaingan dalam bisnis coffee shop pun saat ini sangat ketat dan
kompetitif, dan terlihat dengan mulai banyak pesaing-pesaing yang
bermuculan yang menawarkan konsep, produk, serta jasa yang sama.
Ditambah dengan seiring berjalannya waktu masyarakat mulai mengalami
perubahan gaya hidup menuju pola modern yaitu dengan menjadikan coffee
shop sebagai salah satu tempat untuk beristirahat yang pas dalam
meghilangkan penat sejenak. Oleh karena itu, sebagai sebuah lokasi yang
dipilih untuk dapat dijadikan sebagai tempat istirahat, pelayanan yang diiberikan haruslah sesuai dengan standar . . ... (baca_selengkapnya)
Artikel
lengkap dikompilasi oleh/hubungi :
Kanaidi, SE., M.Si (Penulis, Peneliti, PeBisnis,
Trainer dan Dosen Marketing Management).
e-mail ke : kana_ati@yahoo.com
atau kanaidi@poltekpos.ac.id
HP. 08122353284
HP. 08122353284
-------------------------------
Butuh
Artikel/Jurnal Lainnya ?, click di :
Kami memiliki beberapa
Artikel/Jurnal tentang :
- Jurnal “BALANCED SCORECARD”....click di http://ken-keuangan.blogspot.com/
- Jurnal “MANAJEMEN SDM” .....click di http://ken-msdm.blogspot.com/
- Jurnal “CUSTOMER TRUST”.....click di http://www.ken-trust.blogspot.com/
- Jurnal “Good Corporate Governance (GCG)” … click di http://ken-gcg.blogspot.com/
- Jurnal “ICT” … click di http://ken-ict.blogspot.com/
- Jurnal “Corporate Image” … click di http://ken-image1.blogspot.com/
- Jurnal “Customer Value” … click di http://www.ken-value.blogspot.com/
- Jurnal “Customer Loyalty” … click di http://ken-loyalty.blogspot.com/
- Jurnal “Brand & Merek” … click di http://ken-merek.blogspot.com/
- Jurnal “Service Quality” … click di http://ken-servqual1.blogspot.com/
- Jurnal “MARKETING & BUSINESS” … click di http://ken-promark.blogspot.com/
- Jurnal “Customer Satisfaction” … click di http://ken-kepuasan.blogspot.com/
- Jurnal “Personal Selling” … click di http://ken-selling.blogspot.com/
- Jurnal “Corporate Culture” … click di http://ken-culture.blogspot.com/
- Jurnal “Customer Relationship Management (CRM)” … click di http://ken-crm.blogspot.com/
- Jurnal “DELPHI METHOD” … click di http://ken-delphi.blogspot.com/
- Jurnal “Kewirausahaan (Entrepreneurship)” … click di http://ken-entrepreneurship.blogspot.com/
- Business Plan dan Marketing Plan… click di http://ken-businessplan.blogspot.com/
- Artikel “Competitive Strategy” … click di http://ken-persaingan.blogspot.com/
- Jurnal “Customer Behavior (Perilaku Konsumen)”… click di http://ken-behavior.blogspot.com/
- Jurnal “LKMS (Lembaga Keuangan Mikro Syariah)”… click di http://lkmsnetkas.blogspot.com/
- Artikel “Dunia PERIKLANAN” … click di http://ken-iklan.blogspot.com/
- Artikel “QFD (Quality Function Deployment)” … click di http://ken-qfd.blogspot.com/
- Artikel “STP (Segmenting, Targeting, & Positioning)” … click di http://ken-stp.blogspot.com/
- Jurnal “EXPERIENTIAL MARKETING” … click di http://ken-experiental.blogspot.com/
- Jurnal “CSR” … click di http://ken-csr1.blogspot.com/
- Jurnal “MEREK (Brand)” … click di http://ken-merek.blogspot.com/
- Jurnal “PERIKLANAN (Advertising)” … click di http://ken-iklan.blogspot.com atau di http://ken-iklan1.blogspot.com/ atau di http://ken-iklan2.blogspot.com/ atau di http://ken-iklani.blogspot.com/
“Peluang
BISNIS ONLINE” secara Sederhana……MINAT?... coba lihat (click) dulu di http://formulabisnis.com/?id=ken_kanaidi
E:\K A N A I D I\Data\My Docu\aKEN\PENELITIAN\Call Paper\SNAB 2012_UTAMA\10. Manajemen Pemasaran_ISSN 2252-3936
Tidak ada komentar:
Posting Komentar